Kegiatan monitoring ini dalam upaya ikhtiar pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 di Pasaman barat .

Dalam pelaksanaan kegiatan monitoring tersebut, tim gabungan langsung memberikan arahan atau imbauan kepada seluruh warga yang melewati jalan tersebut.

Pada saat melaksanakan monitoring tersebut, tim gabungan langsung memberikan arahan dan imbauan kepada setiap pengendara mobil dan sepeda motor untuk memerhatikan protokol kesehatan. Di antaranya, tim gabungan tersebut mengarahkan masyarakat untuk  memakai masker.

Kita juga mengimbau kepada setiap pengendara mobil dan motor membiasakan diri mencuci tangan pakai sabun dan menggunakan hand sanitizer sebelum melakukan aktifitas diluar rumah . Selain itu, kami mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan jaga jarak  minimal 1-2 meter untuk mencegah penularan wabah virus corona.
kegiatan monitoring yang dilaksanakan tim gabungan , untuk menciptakan suasana masyarakat yang aman, nyaman, dan tentram. Selain itu, untuk mencegah atau memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

Ketua Koordinasi Lapangan mengatakan "Kami juga melihat masyarakat sudah mulai mematuhi protokol kesehatan. Meski ada di antara warga yang masih mengabaikan dirinya tidak memakai masker. Tapi kita berusaha untuk memberikan imbauan kepada warga untuk mengenakan masker setiap keluar rumah, selain diimbau untuk menghindari kerumunan".