Demi mendukung terwujudnya pelayanan jasa angkutan umum pada daerah terpencil maka diperlukan sistim transportasi jalan yang mampu menghubungkan antara lokasi dengancepat, lancar, tertib, nyaman, selamat dan biaya terjangkau terhadap daya beli masyarakat. Sejalan dengan meningkatnya perekonomian daerah pola pergerakan orang dan barang akan semakin meningkat dan perkembangan pembangunan daerah tersebut juga semakin meningkat.

Untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan subsidi angkutan perintis yang sedang berjalan maka perlu dilaksanakan kegiatan Monitoring dan Pengawasan Angkutan Perintis di Kabupaten Dhamasraya. Selain itu, maksud dari kegiatan monitoring dan pengawasan angkutan perintis adalah untuk memonitoring dan mengawasi mekanisme pelaksanaan subsidi operasional angkutan perintis di Kabupaten Dhamasraya.

Pelayanan Angkutan Perintis mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap mobilitas masyarakat di suatu daerah, tersedianya transportasi sangat menunjang aktivitas masyarakat yang secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi baik regional maupun nasional.